Promosi adalah Pengenalan produk/ jasa kepada konsumen agar tertarik & melakukan pembelian
Tujuan Promosi
1. Daya tarik konsumen
2. Meningkatkan penjualan
3. Membangun loyalitas konsumen
Bauran promosi
1. Periklanan (advertesing)
Iklan adalah bentuk komunikasi non-personal dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam penggunaan media massa untuk membujuk dan mempengaruhi audiens (Wells dkk: 2003)
contohnya: iklan di TV, koran, internet
2. Promosi penjualan (Sales promotion)
berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa (Kotler: 2003)
Contohnya: diskon, kupon, voucher, sample
3. Penjualan perseorangan (Personal selling)
kegiatan promosi yang dilakukan dengan cara berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli
Contohnya: Salesman/girl
4. Publisitas
Kegiatan promosi melalui suatu media dalam bentuk berita
Contohnya: liputan media
5. Direct marketing (pemasaran langsung)
sistem pemasaran dimana orang atau organisasi yang melakukan pemasaran tersebut berkomunikasi langsung dengan target konsumen untuk melakukan penjualan
Contohnya: telemarketing, online marketing, direct mail,SMS
0 Komentar