Promosi adalah Pengenalan produk/ jasa kepada konsumen agar tertarik & melakukan pembelian

Tujuan Promosi

1. Daya tarik konsumen

2. Meningkatkan penjualan

3. Membangun loyalitas konsumen

Bauran promosi

1. Periklanan (advertesing)

Iklan adalah bentuk komunikasi non-personal dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam penggunaan media massa untuk membujuk dan mempengaruhi audiens (Wells dkk: 2003)

contohnya: iklan di TV, koran, internet

2. Promosi penjualan (Sales promotion)

berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa (Kotler: 2003)

Contohnya: diskon, kupon, voucher, sample

3. Penjualan perseorangan (Personal selling)

kegiatan promosi yang dilakukan dengan cara berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli

Contohnya: Salesman/girl

4. Publisitas

Kegiatan promosi melalui suatu media dalam bentuk berita

Contohnya: liputan media

5. Direct marketing (pemasaran langsung)

sistem pemasaran dimana orang atau organisasi yang melakukan pemasaran tersebut berkomunikasi langsung dengan target konsumen untuk melakukan penjualan

Contohnya: telemarketing, online marketing, direct mail,SMS